Rabu, 26 Agustus 2015

Baturaden Adventure Forest

Baturaden Adventure Forest
Baturaden Adventure Forest
Jika menyebut nama Baturaden, mungkin dibenak sebagian besar orang pasti akan langsung tertuju pada Lokawisata Baturaden yang memang sudah terkenal sejak lama.

Bagi masyarakat Purwokerto dan sekitarnya, Baturaden ini layakmya seperti kawasan puncak bagi orang Jakarta dan Bogor. Kawasan ini terbentang di sebelah selatan kaki Gunung Slamet yang merupakan gunung berapi tertinggi ke 2 di tanah Jawa.  Letaknya yang berada pada ketinggian sekitar 640 meter diatas permukaan laut, membuat udara terasa sejuk dan dingin.

Baturraden atau yang biasa familiar dengan lidah masyarakat Indonesia dengan sebutan Baturaden (menghilangkan salah satu huruf “r” ditengah kata) adalah sebuah lokasi objek wisata yang memiliki udara dan panorama sejuk di lereng selatan Gunung Slamet atau di sebelah utara Kota Purwokerto. Memiliki jarak tempuh ± 15km dari pusat kota dengan akses sekitar 20 menit perjalanan lancar membuat Baturaden banyak dilirik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan luar daerah . Saya pun memulai perjalanan ke objek ini dari Klampok – Banjarnegara karena malam sebelumnya saya diundang oleh salah seorang teman untuk menikmati udara malam di kota kelahirannya.

Bagi pengunjung yang datang ke tempat ini dapat melakukan beberapa kegiatan yang merupakan kombinasi keindahan alam dan petualangan, antara lain water adventure, canyon adventure, foresttrek adventure, biketrek adventure.

Untuk yang ingin menginap disana, tersedia beberapa pilihan bangungan yang terbuat dari bambu dengan maksud ramah lingkungan, selain itu pengunjung juga dapat merasakan tidur di tenda disertai perlengkapan tidurnya.  Tak usah khawatir dengan makanan, karena disana memang tersedia kantin yang siap melayani pengunjung.

Namun satu hal yang perlu diingat, ditempat ini tidak disediakan mie instant.  Sebagai salah satu upaya mereka dalam penerapan konsumsi makanan yang sehat.

Untuk akses ke objek ini selain menggunakan kendaraan pribadi (yang tentunya akan lebih efektif dan efisien) bisa juga dicapai dengan menggunakan kendaraan umum (angkutan kota) ke terminal lokawisata Baturraden. Dengan kondisi jalanan yang menanjak (kemiringan antara 30 derajat) dibutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian tinggi bagi pengendara / pengemudi mobil/motor demi keselamatan sepanjang perjalanan.

Sebenarnya masih banyak lagi spot-spot menarik dan menatang lainnya di kawasan Baturraden. Curug, goa, alam bebas, desa wisata atau adventure forest dapat menjadi pilihan berwisata lainnya. Tapi sayang, waktu saya kali ini sangat terbatas dan senja segera menjelang . Semoga dilain waktu dapat kembali merasakan dan mengexplore lebih lanjut pesona keindahan Baturraden .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar